Makanan Khas Tahun Baru Jepang


Liputan6.com, Tokyo: Periode Tahun Baru adalah waktu yang penting bagi masyarakat Tokyo, Jepang. Mereka merayakannya dengan menyajikan makanan khas pada malam Tahun Baru. Anda bisa mengatakan sayonara pada tahun lama dan menyambut Tahun Baru sambil menyantap makanan Toshikoshi Soba.

Toshikoshi Soba menjadi makanan populer bagi warga Tokyo sepulang merayakan malam Tahun Baru di kuil. Dengan makan sejenis mi ini, warga yakin kehidupannya akan panjang dan sehat.

Selain itu ada juga osechi, yang merupakan hidangan tradisional Tahun Baru yang disiapkan di rumah. Beberapa toko juga menyediakan makanan khusus pada periode liburan ini, dalam kotak yang dihias atau biasa disebut jubako.

Pada osechi, setiap jenis makanannya memiliki arti khusus. Sebagai contoh, telur dadar gulung manis dicampur dengan pasta ikan atau udang tumbuk, melambangkan datemaki. Ini merupakan sebuah keinginan untuk mendapatkan banyak hari keberuntungan.

Konbu yang merupakan sejenis rumput laut, melambangkan yorokobi berarti sukacita. Sedangkan ikan haring yang dibuat sushi melambangkan Kazunoko ("Kazu" berarti jumlah dan "ko" berarti anak), yaitu harapan agar diberkati dengan banyak anak di tahun mendatang. Ada juga Mochi, kue beras yang membutuhkan waktu lama untuk dikunyah, serta sup bernama ozoni.(JapanToday/ULF)

0 Response to "Makanan Khas Tahun Baru Jepang"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Link Exchange

Favicon1
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme