Negara Donor, Janjikan 15 Miliar Dolar AS Untuk Afghanistan

Tokyo (AFP/ANTARA) - Negara donor, yang berkumpul di Jepang pada pekan ini guna menghadiri Konferensi Afghanistan, diharapkan memberikan komitmen bantuan pembangunan senilai 15 miliar dolar AS pada 2015, kata laporan pada Kamis.
Konferensi Tokyo itu akan dihadiri Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton, dan pejabar tinggi dari 70 negara dan badan antarbangsa.
Peserta berkomitmen memastikan pembangunan berkelanjutan di Afganistan selama periode transformasi 2015-2024, kata kantor berita Jepang, Kyodo, mengutip sumber diplomat yang tidak disebutkan namanya.
Kampanye pengumpulan dana berada di jalur yang tepat dan jumlah bantuan yang dikumpulkan diharapkan lebih besar dari perkiraan semula, kata Kyodo, mengutip sumber diplomat yang turut mempersiapkan pertemuan satu hari itu pada Minggu.
Sebagai timbal balik dari bantuan pembangunan itu, Afganistan berjanji akan memberantas korupsi, memperbaiki sistem hukum, memperkuat sistem keuangan dan melakukan reformasi di sejumlah bidang lain, kata Kyodo.
Komitmen-komitmen timbal balik itu akan dirancang dengan teliti dalam sebuah dokumen yang berjudul "Kerangka Kerja Pertanggungjawaban Bersama", yang akan diluncurkan di konferensi itu bersamaan dengan "Deklarasi Tokyo", kata Kyodo.
Presiden Afganistan Hamid Karzai mengatakan pekan ini bahwa negaranya membutuhkan total 3,9 miliar dolar AS dari komunitas internasional setiap tahun untuk membangun kembali perekonomian Afghanistan mulai dari 2015, pascapenarikan pasukan NATO. (ar)

yahoo

0 Response to "Negara Donor, Janjikan 15 Miliar Dolar AS Untuk Afghanistan"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Link Exchange

Favicon1
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme