Bandara Haneda Tokyo "Pasang Sistem Antiburung"


Liputan6.com, Tokyo: Burung menjadi salah satu penyebab sering terjadinya kecelakaan di dunia penerbangan di banyak negara. Jepang adalah salah satunya. Bandara HanedaTokyo, Jepang, baru-baru ini memasang sistem antiburung. Banyaknya kumpulan burung yang cenderung berkumpul di bandara yang berlokasi dekat laut, menginspirasi pemerintah untuk melakukan pemasangan sistem tersebut. Dengan adanya sistem tersebut pemerintah berharap dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan atau kecelakaan akibat unggas.

Seperti dilansir laman NHK, kementerian transportasi Jepang memerintahkan pemasangan sistem tersebut guna memberikan keselamatan dalam dunia penerbangan. Karena sebelumnya tak ada cara yang dinilai lebih efektif untuk mengusir unggas, selain dengan melakukan patroli di bandara dan melepaskan tembakan di udara untuk mengusir burung.

Pada sistem baru tersebut, terdapat radar vertikal dan horisontal serta kamera pengintai yang secara otomatis dapat mendeteksi lokasi burung atau spesies lainnya. Sehingga operator sistem tersebut dapat mengetahui dengan cepat, jika terdeteksi sesuatu di kawasan bandara yang terjangkau radar itu. Berdasarkan data dari pemerintah, sekitar 1.600 kasus kecelakaan pesawat akibat burung telah terjadi di Negeri Sakura. Sekitar 240 kasusnya dilaporkan terjadi di Haneda, di Tokyo Bay. (TNT/Vin)

0 Response to "Bandara Haneda Tokyo "Pasang Sistem Antiburung""

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Link Exchange

Favicon1
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme