Masyarakat Jepang Peringati Satu Tahun Sunami


Liputan6.com, Tokyo: Tragedi gempa dahsyat yang menimbulkan tsunami di wilayah timur laut Jepang genap setahun pada Ahad (11/3) ini. Warga Negeri Samurai itu pun masih bekerja keras untuk pulih dari bencana tersebut. Bahkan banyak dari para pengungsi masih sulit mencari pekerjaan dan meraih kembali yang mereka miliki sebelum diamuk bencana dahsyat itu.
 Getaran kekerasan dan tsunami besar itu menghancurkan dan merusak lebih dari 370 ribu rumah dan bangunan lainnya. HIngga kemarin, tercatat secara resmi sebanyak 15.854 orang dinyatakan tewas dalam bencana itu, sedangkan 3.155 orang lainnya masih dinyatakan hilang.
 Kini, lebih dari 340 ribu orang yang berada di area bencana tersebut hidup sebagai pengungsi di hunian sementara. Terutama di tiga prefektur terparah terkena dampaknya, yakni Iwate, Miyagi, dan Fukushima.
Survei NHK yang dilansir Ahad ini mengungkapkan bahwa sekitar sepertiga dari keluarga yang tinggal di unit rumah sementara memiliki pendapatan yang menurun hingga setengahnya. Satu dari lima pencari nafkah juga tercatat telah kehilangan pekerjaan. Survei tersebut juga menunjukkan bahwa seperempat dari responden jarang pergi keluar untuk bersosialisasi, dan lebih banyak merasa berdiam diri hingga merasa terisolasi.
Selain bencana tersebut, kecelakaan nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Daiichi Fukushima juga masih membutuhkan waktu untuk pemulihan. Di Prefektur Fukushima itu para penduduk merasa takut terkena paparan radiasi. Akibatnya sekitar 160 ribu penduduk terpaksa mengungsi dari rumah mereka.
Daerah dekontaminasi dengan radioaktivitas ini membuktikan bahwa pemulihan-pemulihan tersebut semakin terasa sangat sulit,  ditambah dengan keterlambatan aktivitas pembuangan puing tsunami yang berdampak pada mundurnya pembangunan di Negeri Matahari Terbit itu.(TNT/ANS)

0 Response to "Masyarakat Jepang Peringati Satu Tahun Sunami"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Link Exchange

Favicon1
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme