Perdana Mentri Jepang Kirim Ucapan Selamat untuk Obama

                                                              Yoshihiko Noda Perdana Mentri Jepang

Tokyo (AFP/ANTARA) - Perdana Menteri Jepang mengucapkan selamat kepada Presiden AS Barack Obama atas kemenangannya dalam pemilu presiden pada Rabu, saat Tokyo berusaha mencari bantuan untuk meredakan ketegangan dengan China dan memperbaiki hubungan yang mendingin dengan Washington.

Yoshihiko Noda mengatakan kepada para wartawan setelah kembali dari KTT Asia-Eropa di Laos: "Saya telah mengirim pesan ucapan selamat untuknya atas kemenangannya dalam pemilu, saya ingin terus bekerja sama dengannya."

Seiji Maehara, menteri strategi nasional dan kebijakan ekonomi dan fiskal, juga mengatakan kepada wartawan: "Hubungan Jepang-AS semakin kuat dalam empat tahun terakhir di bawah Presiden Obama."

"Saya harap kami akan memperkuat kemitraan lebih lanjut," tambahnya.

Jepang sangat bergantung pada AS untuk masalah keamanan di bawah perjanjian pasca-Perang Dunia II, namun Partai Demokrat yang berkuasa di Jepang dilihat AS kurang antusias dalam mempererat hubungan sekutu mereka.

Para anggota parlemen di kedua sisi politik Jepang menyatakan keberatan terhadap tekanan AS pada Jepang untuk bergabung dengan pakta perdagangan bebas multilateral yang melibatkan negara-negara di sekitar Pasifik.

Terdapat juga protes terbaru di Okinawa, pulau bagian selatan Jepang yang merupakan tuan rumah bagi separuh dari 47.000 personel keamanan AS di negara itu. (ai/pt)

0 Response to "Perdana Mentri Jepang Kirim Ucapan Selamat untuk Obama"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Link Exchange

Favicon1
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme